A+ A A-

LOADING
PREV
NEXT

PNPM Mandiri

  • Selamat Datang
  • Daftar Lokasi dan Alokasi...
  • Aneka Keripik dari Asrika...
  • Berkah Jembatan Gantung
  • Kami Kini Tak Lagi Mandi ...
  • Saluran Pengaduan

Selamat Datang

Selamat datang di Website Sekretariat Pokja Pengendali Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri.

Selanjutnya..

Daftar Lokasi dan Alokasi BLM T.A. 2014

Dalam rangka pelaksanaan PNPM Mandiri Tahun Anggaran 2014, bersama ini kami sampaikan Daftar Lokasi dan Alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM Mandiri T.A 2014

Selanjutnya..

Aneka Keripik dari Asrikaton

Terinsipirasi dari keinginan untuk mengembangkan produk unggulan desa, saat ini telah lebih dari satu tahun KSM Usaha Bersama di Desa Asrikaton, Kab. Malang, menekuni produksi keripik buah.

Selanjutnya..

Berkah Jembatan Gantung

Sudah puluhan tahun Warga Dusun VI kampung Gunung Sangkaran mengharapkan adanya jembatan penghubung antara kampung Gunung Sangkaran dan kampung Panca Negeri.

Selanjutnya..

Kami Kini Tak Lagi Mandi di Sungai...

Warga Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah kini bisa menikmati air bersih hasil pembangunan jaringan memanfaatkan mata air Blawaong di Gunung Plana.

Selanjutnya..

Saluran Pengaduan

Gunakan Saluran pengaduan atas penyimpangan Program PNPM Mandiri di SMS: 0853 1113 1183 Email: [email protected] Facebook: http://www.facebook.com/pengaduan.pnpm

Selanjutnya..

Pengertian dan Tujuan

PNPM Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Pengertian yang terkandung mengenai PNPM Mandiri adalah :

  1. PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.
  2. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.

Sedangkan Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Program PNPM Mandiri ini adalah :

Tujuan Umum

  • Meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri.

Tujuan Khusus

- Meningkatnya partisipasi seluruh masyarakat, termasuk masyarakat miskin, kelompok perempuan, komunitas adat terpencil dan kelompok masyarakat lainnya yang rentan dan sering terpinggirkan ke dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.

- Meningkatnya kapasitas kelembagaan masyarakat yang mengakar, representatif dan akuntabel.

- Meningkatnya kapasitas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin melalui kebijakan, program dan penganggaran yang berpihak pada masyarakat miskin (pro-poor)

- Meningkatnya sinergi masyarakat, pemerintah daerah, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan kelompok perduli lainnya untuk mengefektifkan upaya-upaya penanggulangan kemiskinan.

- Meningkatnya keberadaan dan kemandirian masyarakat serta kapasitas pemerintah daerah dan kelompok perduli setempat dalam menanggulangi kemiskinan di wilayahnya.

- Meningkatnya modal sosial masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi sosial dan budaya serta untuk melestarikan kearifan lokal.

- Meningkatnya inovasi dan pemanfaatan teknologi tepat guna, informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat.

Comments (0)

500 characters remaining

Cancel or

Link Kementerian dan Lembaga

             

Link Program

PNPM Perkotaan    PNPM Perdesaan 



    

   

     

Website Design © PNPM Mandiri | All rights reserved.

Log in to your account or Create an account