A+ A A-

LOADING
PREV
NEXT
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s7gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s9gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s15gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s11gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s14gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s10gk-is-100.jpg

PNPM Mandiri

  • Selamat Datang
  • Daftar Lokasi dan Alokasi...
  • Aneka Keripik dari Asrika...
  • Berkah Jembatan Gantung
  • Kami Kini Tak Lagi Mandi ...
  • Saluran Pengaduan

Selamat Datang

Selamat datang di Website Sekretariat Pokja Pengendali Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri.

Selanjutnya..

Daftar Lokasi dan Alokasi BLM T.A. 2014

Dalam rangka pelaksanaan PNPM Mandiri Tahun Anggaran 2014, bersama ini kami sampaikan Daftar Lokasi dan Alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM Mandiri T.A 2014

Selanjutnya..

Aneka Keripik dari Asrikaton

Terinsipirasi dari keinginan untuk mengembangkan produk unggulan desa, saat ini telah lebih dari satu tahun KSM Usaha Bersama di Desa Asrikaton, Kab. Malang, menekuni produksi keripik buah.

Selanjutnya..

Berkah Jembatan Gantung

Sudah puluhan tahun Warga Dusun VI kampung Gunung Sangkaran mengharapkan adanya jembatan penghubung antara kampung Gunung Sangkaran dan kampung Panca Negeri.

Selanjutnya..

Kami Kini Tak Lagi Mandi di Sungai...

Warga Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah kini bisa menikmati air bersih hasil pembangunan jaringan memanfaatkan mata air Blawaong di Gunung Plana.

Selanjutnya..

Saluran Pengaduan

Gunakan Saluran pengaduan atas penyimpangan Program PNPM Mandiri di SMS: 0853 1113 1183 Email: [email protected] Facebook: http://www.facebook.com/pengaduan.pnpm

Selanjutnya..

Konsep

PNPM-Lingkungan Mandiri Perdesaan Merupakan Program Yang Terintegrasi Kedalam PNPM-Mandiri Perdesaan. Dengan langkah pengintegrasian komponen lingkungan hidup dan pelestarian sumber daya alam kedalam Progam PNPM Mandiri Perdesaan, selanjutnya disebut dengan PNPM Lingkungan Mandiri Perdesaan (PNPM-LMP) maka kegiatan ini akan mengutamakan perbaikan dan pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam secara lestari kedalam salah satu Program Nasional dalam Penanggulangan Kemiskinan yang terintegrasi di Indonesia.

Pelaksanaan Program PMPM-LMP  di Provinsi Aceh umumnya dan Kabupaten Aceh selatan khususnya yang dimulai pada  akhir Maret 2010 lalu sekarang ini sudah memasuki bulan ke 9 perencanaan. Progres Kegiatan PNPM LMP Kabupaten Aceh Selatan saat ini secara umum berada pada tahapan selesainya Musyawarah Desa dua / Perencanaan, sehingga pada saat ini sudah dapat ditemukan usulan-usulan apa saja yang menjadi prioritas setiap desa untuk diajukan ke forum MAD prioritas guna selanjutnya dikaji lebih lanjut oleh forum ini untuk dirangkingkan berdasarkan skala prioritas kebutuhan Masyarakat.

Partisipasi perempuan dan masyarakat hingga saat ini dinilai sangat baik, harapan kedepan tentu saja agar partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat terutama perempuan sangat diharapkan, penekanan masyarakat sebagai subject program terus ditegaskan dalam setiap kesempatan, hal ini tidak lain untuk mendorong masyarakat berpartisipasi penuh dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun pada pemeliharaan/pelestarian nantinya.

Dalam langkah pengintegrasian komponen lingkungan hidup maka pemerintah mengembangkan suatu kegiatan Pilot Project PNPM Lingkungan Mandiri Perdesaan yang pada awalnya dikenal dengan nama Pilot Project Green Kecamatan Development Project (Pilot Project Green KDP). Kegiatan ini akan mengutaman perbaikan dan pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam serta pengembangan energi terbarukan secara lestari ke dalam salah satu Program Nasional dalam Penanggulangan Kemiskinan yang terintegrasi di Indonesia.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan Mandiri Perdesaan PNPM-LMP bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan perdesaan melalui pengelolan lingkungan dan sumber daya alam secara lestari.  Disamping juga terdapat tujuan khusus yaitu meningkatkan  kesadaran masyarakat perdesaan,  kapasitas masyarakat dan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam yang berkelanjutan serta meningkatkan tata pemerintahan lokal dalam perencanaan pembangunan yanag berwawasan lingkungan.

Pada tahun 2010 ini,  Kabupaten Aceh Selatan termasuk salah satu dari tiga kabupaten selain kabupaten Aceh Timur dan Aceh Tengah sebagai lokasi PNPM Lingkungan Mandiri Perdesaan. Di Aceh selatan juga Terdapat 3 kecamatan partisipasi yaitu Kecamatan Kluet Tengah, merupakan kecamatan yang tergolong terpencil, kecamatan ini terdiri dari 13 Desa dan terletak pada ketinggian sekitar 80 DPL, Kecamatan ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, Topografi yang bergunung-gunung dengan tingkat kemiringan sangat curam dan terjal. Kecamatan Kluet  Timur terdiri dari 7 Desa sedangkan kecamatan Pasie Raja memiliki 20 Desa yang merupakan kecamatan terbanyak jumlah desanya di bandingkan dengan 2 Kecamatan pilot lainnya. Ke tiga kecamatan tersebut memiliki tanah yang subur, hal ini memberikan keuntungan bagi usaha pertanian sebagai tulang-punggung ekonomi daerah. Potensi perekonomian bergantung pada komoditi, kakao, Kemiri, Nilam dan Pinang serta tanaman sayur, serta usaha peternakan dan perikanan air-tawar.

Total alokasi dana PNPM LMP setiap kecamatan adalah 500 juta, di tingkat kabupaten terdapat  dana  untuk kegiatan lintas kecamatan sebanyak 500 juta dan alokasi khusus untuk kegiatan PLTMH sejumlah 2.140.000.000.-. Disamping alokasi untuk kegiatan, juga terdapat alokasi DOK untuk perencanaan_Pelatihan program sebanyak 100 juta per masing-masing kecamatan.

Comments (0)

500 characters remaining

Cancel or

Link Kementerian dan Lembaga

             

Link Program

PNPM Perkotaan    PNPM Perdesaan 



    

   

     

Website Design © PNPM Mandiri | All rights reserved.

Log in to your account or Create an account