PNPM Mandiri

Switch to desktop Register Login

KKP Ingin Masyarakat Pesisir dan Nelayan Banyak Duit

Jakarta, HanTer - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengusung program kerja komersialisasi sektor kelautan dan perikanan. Program kerja itu, lebih ditujukan pada kelompok, masyarakat pesisir atau dalam hal ini nelayan yang menjadi target program penanggulangan kemiskinan. Kongkrit dari program komersialisasi, ada sinergi dari efektivitas lembaga keuangan terutama di pedesaan dengan peningkatan nilai tambah.

“Lembaga keuangan, bisa statusnya koperasi. Pemerintah pusat lebih banyak intervensi, sehingga meningkatkan kehidupan masyarakat sampai pada penciptaan nilai tambah,” ujar Dirjen Perikanan Tangkap (DJPT), Gellwyn Jusuf, di Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Last Updated on Thursday, 30 October 2014 08:13

Hits: 79

Kemenko Kemaritiman akan Manfaatkan Sisa APBN 2014 Semaksimal Mungkin

Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman merupakan kementerian baru yang terbentuk di era Presiden Joko Widodo. Meski baru, kemenko ini telah mendapat dukungan penuh dari Presiden untuk menjalankan program-proram guna menjadikan Indonesia sebagai poros maritim di dunia.

Dukungan itu salah satunya dari anggaran operasional yang ada di dalam APBN 2014 sebelum memasuki anggaran baru yang telah masuk APBN 2015. "Dalam rapat kabinet, Presiden Joko Widodo mendukung penuh Kemenko Kemaritiman dengan menyiapkan anggaran operasional yang dapat digunakan hingga akhir 2014," kata Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo di kantornya, Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (29/10/2014).

Untuk itu, Indroyono mengatakan pihaknya akan memaksimalkan dua bulan ini untuk memanfaatkan anggaran APBN 2014 dengan hal-hal yang dapat berdampak langsung kepada masyarakat, seperti program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM Mandiri), subsidi kepada masyarakat, atau bantuan-bantuan sosial.

"Kita sedang mengakhiri APBN 2014. Kita upayakan semaksimal mungkin memanfaatkan ini agar dapat berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya. (Metrotvnews.com)  

Last Updated on Thursday, 30 October 2014 08:11

Hits: 87

Peringatan Hari Anti Kemiskinan Internasional, Penandatanganan Kesepakatan Pembagian Peran Pusat dan Daerah Dalam Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat dan Peluncuran Program Gerbang Gampong di Aceh

Banda Aceh (18/10) – Pemerintah Aceh bersama Pokja Pengendali PNPM Mandiriyang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra)hari ini, Sabtu 18 Oktober 2014 menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Anti Kemiskinan Internasional atau biasa dikenal juga dengan Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia yang sejatinya diperingati oleh masyarakat dunia setiap tanggal 17 Oktober. Peringatan ini dihadiri oleh Agung Laksono (Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat), Zaini Abdullah (Gubernur Aceh), dan Bupati dan Walikota di Aceh serta jajarannya termasuk anggota legislatif dan tokoh masyarakat serta pelaku PNPM Mandiri. Dalam peringatan ini juga akan dilaksanakan penandatanganan kesepakatan pembagian peran pusat dan daerah dalam penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat yang merupakan hasil workshop selama 2 hari (tanggal 16 – 17 Oktober 2014) yang diikuti oleh perwakilan Pemerintah Aceh dan 23 (dua puluh tiga) kabupaten/kota, serta peluncuran program Gerbang Kampung/Gampong yang merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan dari Kemenko Kesra yang akan diberikan kepada Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur, dan Kabupaten Nagan Raya.

 

Last Updated on Thursday, 30 October 2014 02:40

Hits: 71

PNPM MD, Kemendagri Kucurkan Rp 1,9 T

YOGYA - Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelontorkan dana Rp 1,9 triliun untuk desa di seluruh Indonesia. Dana tersebut nantinya akan disalurkan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MD).

Dirjen PMD Kemendagri mengatakan hal tersebut disela-sela peresmian gedung kantor dan pembukaan fasilitasi implementasi pengembangan usaha ekonomi rumah tangga serta penguatan modal PMD di Balai PMD Yogyakarta, Rabu (22/10). Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya Rp 9 triliun.

Last Updated on Thursday, 30 October 2014 02:39

Hits: 54

Pemerintah Harus Antisipasi Tingginya Kesenjangan Ekonomi Penduduk

Jakarta - Meskipun perekonomian Indonesia dicatat kian membaik namun pemerintah Indonesia yang akan datang harus mewaspadai jurangnya kensenjangan ekonomi penduduk.

Last Updated on Thursday, 30 October 2014 02:43

Hits: 134