PNPM Mandiri

Switch to desktop Register Login

LAPOR, layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat

Tentang LAPOR!

LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 72 instansi Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah (K/L/D).

LAPOR! diinisiasikan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat sekaligus interaksinya dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik.

Hingga Maret 2014 LAPOR! telah digunakan oleh lebih dari 240.000 pengguna dan menerima rata-rata lebih dari 1.000 laporan per harinya. LAPOR! menjadi cikal bakal dari sistem aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terpadu secara nasional.



sistem kerja lapor

Pelaporan

Masyarakat umum dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk situs https://lapor.ukp.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile. Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke intansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan.

Tindak Lanjut Pelaporan

LAPOR! akan mempublikasikan setiap laporan yang sudah diteruskan sekaligus memberikan notifikasi kepada pelapor. Instansi K/L/D diberikan waktu paling lambat 5 hari kerja untuk melakukan koordinasi internal dan perumusan tindak lanjut dari pelaporan yang diberikan oleh masyarakat umum. Apabila sudah ada rumusan tindak lanjut, maka instansi K/L/D memberikan informasi kepada pelapor pada halaman tindak lanjut laporan.

Penutupan Laporan

Laporan dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi K/L/D pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut.

Fitur

 

  • Tracking ID LAPOR! .Tracking ID LAPOR! merupakan sebuah kode unik yang secara otomatis melengkapi setiap laporan yang dipublikasikan pada situs LAPOR!. Tracking ID dapat digunakan pengguna untuk melakukan penelusuran atas suatu laporan.
  • Anonim dan Rahasia. Fitur anonim tersedia bagi pelapor untuk merahasiakan identitasnya, sedangkan fitur rahasia dapat digunakan untuk membatasi akses atas laporan hanya bagi pelapor dan instansi terlapor. Kedua fitur ini dapat digunakan untuk pelaporan isu-isu sensitif dan sangat privat.
  • Peta dan Kategorisasi. Setiap laporan dapat dilabeli dengan dengan lokasi geografis, topik, status ketuntasan laporan, dan institusi terkait sehingga pemerintah maupun masyarakat dapat memonitor isu dengan berbagai skala dan sudut pandang. Peta LAPOR! dipergunakan sebagai pusat informasi banjir pada saat bencana banjir besar Jakarta di tahun 2012 dan 2014 sebagai rujukan dalam rangka penyaluran bantuan kepada para korban.
  • Opini Kebijakan. Fitur ini dapat digunakan oleh instansi pemerintah yang terhubung sebagai sarana jajak pendapat masyarakat. Beberapa jajak pendapat yang telah dilakukan melalui fitur ini diantaranya tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan Rencana Implementasi Kurikulum Baru Pendidikan 2013.


Penghargaan

nominasi Government Web Award dalam Bubu Awards v.08, Open Government Partnership Summit 2013 di London Juni 2013

  • Peraih tiga besar nominasi Government Web Award dalam Bubu Awards v.08, Juni 2013
  • Menjadi salah satu inisiatif terbaik dunia yang dipresentasikan dalam ajang Open Government Partnership Summit 2013 di London


info grafis lapor
INFOGRAFIS 1
TENTANG LAPOR
info grafis lapor
INFOGRAFIS 3
SURVEI LAPOR


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang LAPOR!, kunjungi juga: kisah sukses lapor

KISAH SUKSES LAPOR!
petunjuk lapor

PETUNJUK & SYARAT PENGGUNAAN LAPOR!

Last Updated on Thursday, 19 June 2014 04:23

Hits: 1101

Gelar Semangat Anti Korupsi 2014

Sekretariat Pokja Pengendali PNPM Mandiri bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan kembali kegiatan Gelar Semangat Anti Korupsi 2014 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Maret 2014 di Surabaya dan tanggal 8 Maret 2014 di Jombang. Kegiatan ini merupakan program tahunan PNPM Mandiri sekaligus merupakan bagian dari pelaksanaan Rencama Aksi Penguatan Tata Kelola yang Baik pada PNPM Mandiri.

Pada tahun ini Gelar Semangat Anti Korupsi akan mengambil tema “Semua Siap BERakSI (Berantas Korupsi)”. Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di Jombang berupa Forum Publik “Rembuk Rasa Anti Korupsi bersama PNPM Mandiri dan KPK” serta pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Purbo Asmoro yang akan mengambil lakon “Tripama Kawedhar”

Jadwal Acara

Lokakarya Anti-Corruption Clearing House (ACCH) Roadshow
Hotel Santika Premiere Gubeng, 6 Maret 2014

Lokakarya Jurnalis Anti-Korupsi
Hotel Santika Premiere Gubeng, 6 Maret 2014

Lokakarya Inisiatif Memperkuat Jejaring Masyarakat dalam Memerangi Korupsi bersama PNPM Mandiri dan KPK
Hotel Santika Premiere Gubeng, 7 Maret 2014

Rembuk Rasa Anti Korupsi Bersama PNPM Mandiri dan KPK
Hotel Yusro Jombang, 8 Maret 2014

Pagelaran Wayang Kulit (TERBUKA UNTUK UMUM)
di Lapangan Pulo, Desa Pulo, Jombang pukul 20.00 - selesai
Dalang : Ki Purbo Asmoro, disertai tayangan terjemahan bahasa Inggris secara langsung oleh Kathryn Emerson
Lakon : Tripama Kewadhar

Last Updated on Monday, 03 March 2014 06:48

Hits: 1049

Diagram Alur Penggunaan Sistem Konfirmasi Daftar Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri

Langkah-langkah penggunaan Sistem Konfirmasi Daftar Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013 :

  1. Pengguna mengakses sistem pada alamat http://www.pnpm-mandiri.org/konfirmasi
  2. Untuk dapat menggunakan sistem ini, pengguna diwajibkan mengisi form pendaftaran sekaligus melakukan upload file hasil scan KTP yang menjadi salah satu persyaratan untuk dapat mendaftar.
  3. Setelah mengisi form pendaftaran,  pengguna wajib melakukan konfirmasi yang dikirim oleh sistem kepada alamat alamat email yang didaftarkan
  4. Untuk dapat mengirim surat konfirmasi, pengguna harus menyiapkan file hasil scan surat konfirmasi dalam format PDF.
  5. Setelah melakukan konfirmasi, pengguna dapat melakukan login ke dalam sistem dengan menggunakan email dan password sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya
  6. Setelah berhasil melakukan login, pengguna dapat mengisi form upload surat dan melampirkan file surat dalam format PDF.
  7. Apabila surat telah dibalas, pengguna akan mendapat pemberitahuan melalui email dan dapat segera login ke dalam sistem untuk meng-unduh surat balasan.

Last Updated on Tuesday, 17 July 2012 08:53

Hits: 2548

Lomba Foto dan Lomba Bercerita : 1001 Jejak PNPM Mandiri

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Temu Nasional 2014, Sekretariat Pokja Pengendali PNPM Mandiri menyelenggarakan kegiatan Lomba Foto dan Lomba Bercerita dengan tema "1001 Jejak PNPM Mandiri. Selain lomba foto dan bercerita, rangkaian kegiatan Temu Nasional 2014 juga akan terdiri dari Pemilihan Duta PNPM Mandiri, Pemberian Penghargaan, serta Pesta Rakyat.


KETENTUAN LOMBA FOTO

1. Peserta boleh merupakan individu atau perwakilan kelompok

2. Peserta dibebaskan untuk menerjemahkan tema "1001 Jejak PNPM Mandiri" ke dalam karyanya

3. Peserta harus mengirimkan karya hasil foto dalam bentuk JPEG

4. Resolusi upload : sisi terpanjang maksimal 1.024 pixel, minimum 640 pixel

5. Digital imaging diperbolehkan sebatas cropping, penyesuaian tingkat keterangan, kontras warna, dan saturasi tanpa mengubah keaslian objek foto. Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi / hasil olahan dari beberapa file

6. Foto dapat berwarna ataupun hitam putih

7. Foto dan data diri peserta dikirimkan melalui salah satu media berikut :

    A. Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
       Subject : judul foto, lokasi pengambilan, dan tagar #FotoPNPM (Contoh: Sekolah Masa Depan – Merauke, Papua
       #FotoPNPM)

    B. Facebook Fan Page PNPM Mandiri https://www.facebook.com/PokjaPNPMMandiri
        Format : judul foto, lokasi pengambilan, dan tagar #FotoPNPM (Contoh: Sekolah Masa Depan – Merauke, Papua
        #FotoPNPM)

    C. Akun Twitter @pnpm_mandiri
        Format : judul foto, lokasi pengambilan, dan tagar #FotoPNPM (Contoh: Sekolah Masa Depan – Merauke, Papua
        #FotoPNPM)

8. Pengiriman karya foto dibuka pada 27 Januari 2014 – 10 April 2014

9. Peserta boleh mengirimkan maksimal 5 (lima) buah foto

10. Peserta tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti kompetisi ini

11. Panitia berhak menggunakan foto pemenang untuk keperluan program PNPM Mandiri

12. Dilarang menyertakan karya foto yang mengandung unsur pornografi, sadisme, dan SARA, serta yang bertentangan dengan nilai-nilai kepatutan dan kesusilaan.

13. Peserta haruslah satu-satunya pemilik sah dari seluruh hak kekayaan intelektual atas hasil karya yang dikirimkan. 

14. Pelaksana dan penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama, dan sesudah penjurian dilakukan, apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. 

15. Dengan keikutsertaannya dalam kompetisi ini, para peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan. 
 

KETENTUAN LOMBA BERCERITA

1. Peserta boleh merupakan individu atau kelompok

2. Peserta dibebaskan untuk menerjemahkan tema "1001 Jejak PNPM Mandiri" ke dalam karyanya

3. Cerita dapat berbentuk tulisan minimal satu paragraf (500 karakter), audio (wawancara, iklan layanan masyarakat, sandiwara radio, diskusi radio), atau video (dokumentasi kegiatan, film dokumenter, film cerita).

4. Judul cerita bebas namun tetap sesuai dengan tema

5. Setiap cerita dilengkapi foto yang menunjang cerita kegiatan PNPM Mandiri yang dibahas.

6. Cerita bukan plagiat/bukan karya peserta sendiri, pemberian data yang keliru dan/atau tidak benar, maka peserta akan didiskualifikasi.

7. Cerita mencantumkan lokasi kegiatan PNPM Mandiri (dusun/desa, kelurahan/kecamatan, dan propinsi).

8. Format audio dan video dilengkapi dengan deskripsi minimal satu paragraf (500 karakter) mengenai pihak yang terlibat, isi cerita, dan lokasi kegiatan. Konten dimuat ke YouTube atau 4Shared.

9. Cerita dan data diri peserta dikirimkan melalui salah satu media berikut :

    A. Facebook Fan Page PNPM Mandiri : https://www.facebook.com/PokjaPNPMMandiri
        Format : judul, lokasi cerita, dan tagar #CeritaPNPM (Contoh: Membangun Desa bersama PNPM Mandiri – Rote, NTT
        #CeritaPNPM)

    B. Email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
        Subject : judul, lokasi cerita, dan tagar #CeritaPNPM (Contoh: Membangun Desa bersama PNPM Mandiri – Rote,
        NTT #CeritaPNPM)

10. Pengiriman karya cerita dibuka pada 27 Januari 2014 – 10 April 2014

11. Peserta boleh mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya

12. Peserta tidak dipungut biaya apapun dalam kompetisi ini

13. Panitia berhak menggunakan karya pemenang untuk keperluan program PNPM Mandiri.

14. Dilarang menyertakan karya yang mengandung unsur pornografi, sadisme, dan SARA, serta yang bertentangan dengan nilai-nilai kepatutan dan kesusilaan.

15. Peserta haruslah satu-satunya pemilik sah dari seluruh hak kekayaan intelektual atas hasil karya yang dikirimkan. 

16. Pelaksana dan penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi setiap materi lomba yang diikutsertakan, sebelum, selama, dan sesudah penjurian dilakukan, apabila materi yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. 

17. Dengan keikutsertaannya dalam kompetisi ini, para peserta dianggap telah menerima dan menyetujui seluruh persyaratan. 

 

MEKANISME PENJURIAN

1. Karya yang tidak memenuhi syarat pengiriman dinyatakan gugur (tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku).

2. Semua materi diterima paling lambat pada tanggal 10 April 2014 pukul 24.00 WIB.

3. Pengumuman pemenang 23 April 2014 pukul 12.00 WIB di Website, Facebook dan Twitter PNPM Mandiri dan PSF, serta pada malam kesenian Temnas 2014

4. Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat

 

HADIAH

LOMBA FOTO

JUARA I : Hadiah senilai Rp 3.000.000,00 + Piagam Penghargaan

JUARA II : Hadiah senilai Rp 2.000.000,00 + Piagam Penghargaan

JUARA III : Hadiah senilai Rp 1.000.000,00 + Piagam Penghargaan
 

LOMBA BERCERITA

JUARA I : Hadiah senilai Rp 3.000.000,00 + Piagam Penghargaan

JUARA II : Hadiah senilai Rp 2.000.000,00 + Piagam Penghargaan

JUARA III : Hadiah senilai Rp 1.000.000,00 + Piagam Penghargaan

Seluruh Juara I, II, dan III (masing-masing 1 orang) pemenang Lomba Foto dan Lomba Bercerita akan diundang untuk menghadiri puncak acara Temu Nasional PNPM Mandiri di Jakarta (tiket dan akomodasi ditanggung panitia)

 

Last Updated on Wednesday, 19 February 2014 09:59

Hits: 6432

Daftar Indikasi Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013

Sehubungan dengan penetapan Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013 yang akan menjadi acuan bagi seluruh program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan tahun 2013, maka dengan ini kami sampaikan Daftar Indikatif Lokasi dan Alokasi PNPM Mandiri T.A. 2013 sebagai bahan konfirmasi bagi setiap kabupaten/kota selaku penerima bantuan PNPM Mandiri.

Konfirmasi dari daerah diharapkan dapat segera disampaikan kepada Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenko Kesra selaku Ketua Kelompok Kerja Pengendali PNPM Mandiri, dengan tembusan kepada Deputi Seswapres Bidang Kesejahteraan Rakyat selaku Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan dan UKM/Bappenas, serta Kementerian/Lembaga pengelola masing-masing program, selambat-lambatnya tanggal 13 Agustus 2012

Adapun Daftar Indikasi Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013 adalah :

Buku Lengkap - Daftar Indikasi Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013

A. Surat Pengantar Indikasi Daftar Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013

B. Penjelasan Indikasi Daftar Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013

C. Indikasi Daftar Lokasi dan Alokasi BLM PNPM Mandiri T.A. 2013

Sedangkan file untuk masing-masing propinsi dapat diunduh terpisah pada daftar berikut :

1. Nanggroe Aceh Darussalam
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Jambi
6. Sumatera Selatan
7. Bengkulu
8. Bangka Belitung
9. Kep Riau
10. Lampung
11. Banten
12. DKI Jakarta
13. Jawa Barat
14. Jawa Tengah
15. DI Yogyakarta
16. Jawa Timur
17. Bali
18. Nusa Tenggara Barat
19. Nusa Tenggara Timur
20. Kalimantan Barat
21. Kalimantan Tengah
22. Kalimantan Selatan
23. Kalimantan Timur
24. Sulawesi Utara
25. Sulawesi Tengah
26. Sulawesi Selatan
27. Sulawesi Tenggara
28. Gorontalo
29. Sulawesi Barat
30. Maluku
31. Maluku Utara
32. Papua Barat
33. Papua

Last Updated on Tuesday, 03 July 2012 07:44

Hits: 12867

Subcategories