PNPM Mandiri

Switch to desktop Register Login

Pokja RBM Pati Gelar Worksop Evaluasi Kegiatan PNPM

26 Maret 2013

KBR68H, Pati  - Guna meningkatkan kapasitas pelaku Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd), Pokja Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Pati menggelar workshop sehari. Workshop tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan Evaluasi Bidang Kegiatan tahun anggaran 2012 ini, berlangsung di Balai Pelatihan Dikjur Satker Pati, Selasa (26/3).

Workshop yang berlangsung sehari itu, selain mengevaluasi dan menetapkan LPJ kegiatan dan pengelolaan keuangan, juga menjadi forum untuk menyampaikan hasil evaluasi kinerja kepengurusan Pokja RBM PNPM-MPd 2012, serta penyampaian informasi terkait kegiatan Pokja pada tahun ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bappermades) yang juga Tim Koordinator PNPM-MPd Kabupaten Pati, Muhtar berharap, melalui workshop dan evaluasi kinerja Pokja RBM dapat meningkatkan kapasitas, koordinasi dan sinergitas pelaku dan kompenen pengelola program di tingkat kecamatan sampai ditingkat desa. 

“Pelaksanaan workshop ini dikoordinasikan oleh Pokja RBM sendiri. Dengan tujuan untuk penguatan kelembagaan bagi semua unsur, pelaku PNPM-MPd, baik ditingkat Kabupaten Pati, sampai ditingkat desa,” tutur Muhtar.

Muhtar menambahkan, konsep dasar pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat, seperti halnya PNPM-MPd yang menyasar di 17 Kecamatan di wilayah Pati, tidak cukup dengan kerja keras, dan kemandirian semata. Tapi juga harus dilandasi dengan semangat kooperatif (kebersamaan).

Sementara itu, Ketua Pokja RBM Kabupaten Pati Sutopo mengatakan, dari alokasi dana operasional kegiatan (DOK) RBM TA 2012 senilai Rp 180 juta, yang telah dicairkan dua kali melalui Bank Jateng, telah direaliasaikan Rp.172,559 juta lebih, atau terdapat saldo Rp. 8,057 juta.

Workshop dan evaluasi kinerja dihadiri Pokja RBM, Tim Koordinasi PNPM-MPd, setrawan (PNS), dan Fasilitator Kabupaten, Fasilitator Kecamatan, Penangungjawab Operasional Kegiatan (PJOK), Ketua Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD), Ketua Badan Pembina-Unit Pegeloala Kegiatan (UPK), Ketua UPK, Tim Pelatih Masyarakat (TPM) dan setrawan kecamatan.

Sumber: Pas FM Pati

Sumber : http://www.portalkbr.com/