PNPM Mandiri

Switch to desktop Register Login

Maiwa Jadi Percontohan RBM-PNPM Mandiri

Senin, 12 November 2012

M NASRUN NUR/FAJAR

ENREKANG, FAJAR -- Dalam beberapa tahun ke pedan, pelaksanaan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) yang dikembangkan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kecamata Maiwa dijadikan percontohan pelaksanaan RBM-PNPM Mandiri di Enrekang. Ketua RBM Enrekang, Syahruddin mengatakan, program ini adalah pengembangan non fisik yang juga dimaksudkan untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan di Enrekang.

"Selama ini, kegiatan yang dilakukan PNPM Mandiri adalah kegiatan yang bersifat fisik.  Seperti pembangunan gedung TK, Musalah dan Posyandu. Sehingga, ke depan tidak lagi akan dijumpai kegiatan yang sifatnya fisik, tapi lebih dari pada pembinaan sumber daya manusia,” kata Syaharuddin, Senin, 12 November. 

Tahap awal, menurutnya,  kegiatan sudah dilakukan berupa pelatihan kader kesehatan tingkat sekolah dasar se Kecamatan Maiwa di SDN 55 Maroangin, Minggu, 11 November lalu.

Peserta pelatihan tersebut berasal dari sejumlah sekolah yakni SD 55, SD 4 dan SD 107 Kecamatan Maiwa. Dia mengemukakan alasan pelaksanaan kegiatan ini disasar untuk tingkat SD agar anak-anak diharapkan bisa mengetahui bagamana cara berperilaku sehat, baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga sejak dini. Alhasil, kecamatan Maiwa-pun dijadikan pilot project sebagai salah satu kegiatan RBM PNPM Mandiri yang sifatnya non fisik.

Sementara Kepala SDN 55 Maroangin yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini memberi respons positif untuk memberi kesadaran lebih dini bagi siswa soal perilaku hidup sehat. Terlebih karena sekolah ini juga akan mengikuti lomba sekolah sehat dalam waktu dekat. "Sekolah kami akan mengikuti lomba sekolah sehat. Dengan adanya pelatihan ini maka sangat membantu untuk mempersiapkan mengikuti lomba tersebut. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkelanjutan," kata Haisya. (nur/ars)

Sumber : http://www.fajar.co.id/