A+ A A-

LOADING
PREV
NEXT
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s7gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s9gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s15gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s11gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s14gk-is-100.jpg
http://pnpm-mandiri.org/modules/mod_image_show_gk4/cache/demo.s10gk-is-100.jpg

PNPM Mandiri

  • Selamat Datang
  • Daftar Lokasi dan Alokasi...
  • Aneka Keripik dari Asrika...
  • Berkah Jembatan Gantung
  • Kami Kini Tak Lagi Mandi ...
  • Saluran Pengaduan

Selamat Datang

Selamat datang di Website Sekretariat Pokja Pengendali Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat - PNPM Mandiri.

Selanjutnya..

Daftar Lokasi dan Alokasi BLM T.A. 2014

Dalam rangka pelaksanaan PNPM Mandiri Tahun Anggaran 2014, bersama ini kami sampaikan Daftar Lokasi dan Alokasi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM Mandiri T.A 2014

Selanjutnya..

Aneka Keripik dari Asrikaton

Terinsipirasi dari keinginan untuk mengembangkan produk unggulan desa, saat ini telah lebih dari satu tahun KSM Usaha Bersama di Desa Asrikaton, Kab. Malang, menekuni produksi keripik buah.

Selanjutnya..

Berkah Jembatan Gantung

Sudah puluhan tahun Warga Dusun VI kampung Gunung Sangkaran mengharapkan adanya jembatan penghubung antara kampung Gunung Sangkaran dan kampung Panca Negeri.

Selanjutnya..

Kami Kini Tak Lagi Mandi di Sungai...

Warga Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah kini bisa menikmati air bersih hasil pembangunan jaringan memanfaatkan mata air Blawaong di Gunung Plana.

Selanjutnya..

Saluran Pengaduan

Gunakan Saluran pengaduan atas penyimpangan Program PNPM Mandiri di SMS: 0853 1113 1183 Email: [email protected] Facebook: http://www.facebook.com/pengaduan.pnpm

Selanjutnya..

Latar Belakang

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2007 jumlah penduduk miskin tercatat 37,2 juta jiwa. Sekitar 63,4% dari jumlah tersebut berada di perdesaan dengan mata pencaharian utama di sektor pertanian dan 80% berada pada skala usaha mikro yang memiliki luas lahan lebih kecil dari 0,3 hektar. Kemiskinan di perdesaan merupakan masalah pokok nasional yang penanggulangannya tidak dapat ditunda dan harus menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu pembangunan ekonomi nasional berbasis pertanian dan pedesaan secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengurangan penduduk miskin.

Permasalahan mendasar yang dihadapi petani adalah kurangnya akses kepada sumber permodalan, pasar dan teknologi, serta organisasi tani yang masih lemah. Untuk mengatasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut Pemerintah menetapkan Program Jangka Menengah (2005-2009) yang fokus pada pembangunan pertanian perdesaan. Salah satunya ditempuh melalui pendekatan mengembangkan usaha agrbisnis dan memperkuat kelembagaan pertanian di perdesaan.

Dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja diperdesaan, Bapak Presiden RI pada tanggal 30 April 2007 di Palu, Sulawesi Tengah telah mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-M). Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang dilaksanakan oleh Departemen Pertanian pada tahun 2008 dilakukan secara terintegrasi dengan program PNPM-M.

Untuk pelaksanaan PUAP di Departemen Pertanian, Menteri Pertanian membentuk Tim Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan melalui Keputusan Menteri Pertanian (KEPMENTAN) Nomor 545/Kpts/OT.160/9/2007. 

PUAP merupakan bentuk fasilitasi bantuan modal usaha untuk petani anggota, baik petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani.

Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) merupakan kelembagaan tani pelaksana PUAP untuk penyaluran bantuan modal usaha bagi anggota. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan PUAP, GAPOKTAN didampingi oleh tenaga Penyuluh Pendamping dan Penyelia Mitra Tani. GAPOKTAN PUAP diharapkan dapat menjadi kelembagaan ekonomi yang dimiliki dan dikelola petani.

Untuk mencapai tujuan PUAP, yaitu mengurangi tingkat kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja diperdesaan, PUAP dilaksanakan secara terintegrasi dengan kegiatan Departemen Pertanian maupun Kementerian/ Lembaga lain dibawah payung program PNPM Mandiri.

Comments (0)

500 characters remaining

Cancel or

Link Kementerian dan Lembaga

             

Link Program

PNPM Perkotaan    PNPM Perdesaan 



    

   

     

Website Design © PNPM Mandiri | All rights reserved.

Log in to your account or Create an account